Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Berpamitan

 on Thursday, March 7, 2013  

Berpamitan


Hari itu aku ingin berpamitan pada teman-teman gerejaku. Menuju tempat yang aku ketahui, aku turun dari bus. Aku melihat pria tua yang mengenalku dengan baik. Dia di sana untuk satu alasan; memberi tahu bahwa kegiatan gereja hari itu pindah ke tempat lain. Namun dia berkata lain. “Aku di sini untuk menunggumu”, katanya. Memang benar bahwa tanpa keberadaannya di situ, aku tidak akan tahu bahwa kegiatan gereja hari itu pindah ke tempat lain. Aku naik angkutan lagi ke tempat lain bersama pria itu. Dia selalu tersenyum ketika berjumpa denganku. Ya, aku dan dia memiliki semacam kebetulan yang terjadi berulang-ulang. Hampir setiap kali aku hendak ikut kegiatan gereja, aku selalu berjumpa dengan pria itu. Dia pun juga heran.

Sesampainya di tempat di mana gereja diadakan, aku berjumpa dengan teman-teman yang aku kenal sejak awal mula aku datang ke gereja itu. Aku senang sekali dan memang seakan hari itu sudah dijadwalkan bagiku untuk berpamitan dengan mereka. Mereka di sana ketika hari-hari awalku di negeri itu dimulai. Pertemuan yang menandai petualanganku. Pertemuan yang menunjukan bahwa kemanapun aku melangkah, aku tidak sendiri.

Hari demi hari berlalu. Aku memang jarang datang bersekutu dengan mereka, tapi setiap kali aku datang, aku merasa bahwa aku berada di tempat yang tepat. Mereka membuatku bicara mantap di depan sebuah forum. Aku di tengah-tengah mereka. Bersaksi. Mereka menunjukkan bahwa apa yang aku yakini, bisa menguatkan orang lain. Mereka tahu bahwa aku sudah memiliki firman itu.

Pemuda itu pulang. Dia selalu ingat pria tua itu. Pria tua itu tak pernah bosan untuk sekedar menanyakan bagaimana imannya. Dia tahu apa yang belum disampaikan teman-temannya untuk si pemuda. Sebelum pemuda itu pulang, pria tua mengingatkannya; engkau perlu membuka hati. Lalu sambil melambaikan tangan, dia menggerakkan bibirnya tanpa bersuara; aku akan menemuimu lagi. 


Darvian Wirawan

Berpamitan 4.5 5 Unknown Thursday, March 7, 2013 Berpamitan Hari itu aku ingin berpamitan pada teman-teman gerejaku. Menuju tempat yang aku ketahui, aku turun dari bus. Aku melihat pria...


No comments:

Post a Comment

J-Theme