Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Bijak memberitakan

 on Tuesday, January 22, 2013  



Matius  3: 1 – 12
  1. Pada waktu itu tampillah Yohanes Pembaptis di padang gurun Yudea dan memberitakan:
  2. “Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!”
  3. Sesungguhnya  dialah  yang  dimaksudkan  nabi  Yesaya  ketika  ia  berkata:  “Ada    suara  orang  yang berseru–seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk  Tuhan, luruskanlah jalan bagi–Nya.”
  4. Yohanes memakai jubah bulu unta dan ikat pinggang kulit, dan makanannya   belalang dan madu hutan.
  5. Maka datanglah kepadanya penduduk dari Yerusalem, dari seluruh Yudea dan  dari seluruh daerah
  6. sekitar Yordan.
  7. Lalu sambil mengaku dosanya mereka dibaptis oleh Yohanes di sungai Yordan.
  8. Tetapi waktu ia melihat banyak orang Farisi dan orang Saduki datang untuk  dibaptis, berkatalah ia kepada mereka: “Hai kamu keturunan ular beludak.  Siapakah yang mengatakan kepada kamu, bahwa kamu dapat melarikan diri  dari murka yang akan datang?
  9. Jadi hasilkanlah buah yang sesuai dengan pertobatan.
  10. Dan janganlah mengira, bahwa kamu dapat berkata dalam hatimu: Abraham   adalah bapa kami!
  11. Karena aku berkata kepadamu: Allah dapat menjadikan anak–anak bagi Abraham dari batu–batu ini!
  12. Kapak sudah tersedia pada akar pohon dan setiap pohon yang tidak menghasilkan  buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api.
  13. Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang   datang kemudian dari padaku   lebih   berkuasa   dari   padaku   dan   aku   tidak      layak   melepaskan   kasut–Nya.   Ia   akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus  dan dengan api.
  14. Alat   penampi   sudah   ditangan–Nya.   Ia   akan   membersihkan   tempat   pengirikan–Nya       dan mengumpulkan gandum–Nya ke dalam lumbung, tetapi debu jerami itu  akan dibakar–Nya dalam api yang tidak terpadamkan.”
Judul: Bijak memberitakan  Pelayanan Yesus didahului oleh Yohanes Pembaptis, yang bertugas merintis jalan bagi Yesus. Tugas ini mulia karena ia mempersiapkan manusia bagi kedatangan Sang Juruselamat.

Apa yang Yohanes lakukan? Ia menyerukan pertobatan (1-2). Bertobat berarti berbalik, yaitu berbalik dari kehidupan yang tidak sesuai firman Allah ke arah hidup yang diselaraskan dengan firman itu. Bertobat berarti membiarkan Sang Juruselamat berkarya di dalam kehidupan.

Seruan Yohanes ternyata berdampak luar biasa. Penduduk dari Yerusalem, dari seluruh Yudea, dan dari seluruh daerah sekitar Yordan memberi respons dengan mengakui dosa dan memberi diri dibaptis (5-6).

Walau  demikian,  ada  juga  orang-orang  yanmengeraskan  hatinya  terhadap  seruan  Yohanes.  Mereka adalah orang Farisi dan orang Saduki. Yohanes menyebut mereka "ular beludak", berbisa dan jahat. Orang Saduki  mengebiri  firman  Tuhan,  sementara  orang  Farisi  menambahkan  berbagai  aturan  pada  Taurat. Mereka terjebak pada legalisme dan agama pahala sehingga berpendapat bahwa keselamatan dapat diperoleh dengan melakukan Taurat. Karena itu, meski mereka datang untuk dibaptis, Yohanes menengarai bahwa sesungguhnya hati mereka tidak sungguh-sungguh bertobat. Maka Yohanes pun memperingatkan mereka tentang api penghakiman yang mereka akan hadapi jika mereka tidak bertobat.


Memang tidak semua orang merespons Injil secara positif. Kita tentu senang jika orang menyambut Injil dan  mengalamperubahahidupNamubagaimana  jika  tidademikian?  Tentu  saja kita tidak  boleh membenci orang yang demikian. Kita tetap harus menyatakan kebenaran Injil kepada setiap orang, bagaimana pun orang itu menanggapinya. Namun tidak kepada setiap orang kita dapat bersikap seperti sikap Yohanes terhadap orang Farisi dan orang Saduki. Kita perlu melihat bahwa Yohanes pun bijak dalam bersikap, dia tahu terhadap siapa dia harus bersikap tegas. Kita pun harus demikian. Maka kita perlu memohon pertolongan Tuhan agar kita dimampukan untuk berbagi Injil dengan bijak sehingga orang tidak menolak Dia karena sikap kita.


Copyright  Pieter Kuiper - Imansejati.net

Bijak memberitakan 4.5 5 Unknown Tuesday, January 22, 2013 Matius  3: 1 – 12 Pada waktu itu tampillah Yohanes Pembaptis di padang gurun Yudea dan memberitakan: “Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorg...


No comments:

Post a Comment

J-Theme