Kisah Nyata Wanita yang Terkena HIV Akibat Selingkuhan Suaminya

Posted by Doa Kristiani Wednesday, April 24, 2013 0 komentar

Kisah Nyata Wanita yang Terkena HIV Akibat Selingkuhan Suaminya
Andai waktu bisa diputar kembali, Martha Erika ingin kembali ke masa lalu dan mengubahnya, namun apa daya semuanya sudah terlambat. Dia harus menderita penyakit HIV Positif akibat kesalahan orang lain. Apa yang terjadi? Inilah kisah wanita dengan empat anak tersebut.
Suaminya begitu sayang padanya, dia diharapkan untuk menjadi ibu rumah tangga yang mengurus anak-anak dan suaminya saja. Martha tahu kegiatan suaminya, baik ketika pergi dinas ataupun pulang malam, karena mereka selalu berkomunikasi. Namun entah kenapa, suaminya berubah menjadi orang yang temperamen dan kasar.
Tahun 2008, suaminya mulai sakit-sakitan. Hal itu terbilang aneh, mengingat suaminya sering olahraga dan punya badan kekar. "Saya tidak pernah berpikir kalau dia temperamen gitu karena merasakan sakit dalam tubuhnya." ujar Martha. Sejak kejadian itu, suaminya langsung terkena penyakit paru-paru dan infeksi kulit. Suaminya pun kemudian diantar ke rumah sakit. Dari hasil dokter, didapati bahwa suami Martha terkena HIV AIDS.
"Itu rasanya dunia jungkir balik gitu. Saya ga bisa berkata-kata di situ. Ingin berteriak, ingin marah, di situ apapun rasanya ga karu-karuan." cerita Martha lagi. Ketika ditanya darimana sang suami bisa mendapat penyakit tersebut, suaminya hanya menjawab, "Ma, maafin papa ya…"
Suaminya meminta agar Martha dan anaknya yang terkecil diperiksa dokter. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa Martha pun terkena HIV AIDS. "Tuhan, Kau ijinkan ini terjadi, apa dosa saya? Apa salah saya Tuhan?" Bayi mereka sendiri belum bisa dideteksi sampai berusia 2 tahun.
Martha sempat mendiamkan suami sejak mengetahui keadaan dirinya. Saat yang sama, suaminya bolak-balik rumah sakit. Dua minggu diopname, dua minggu pulang dan kemudian kembali lagi ke rumah sakit. Di saat seperti itu, lama-lama timbul belas kasih Martha kepada suaminya.
Dalam hitungan bulan, maut merenggut nyawa sang suami. "Padahal saya sudah ikhlas, apapun keadaan suami, walaupun dia di kursi roda sekalipun, kami akan hidup di jalan Tuhan." Namun, kenyataannya berbeda. Selain itu, Martha pun perlu memikirkan sisi ekonomi keluarganya sejak ditinggal suami.
"Hidup di Jakarta, punya anak empat dengan tiga yang bersekolah, itu rasa-rasanya ga memungkinkan saya untuk bertahan hidup. Belum lagi saya harus memikirkan penyakit HIV AIDS positif yang ada dalam tubuh saya. Sampai-sampai saya berkata, "Tuhan, sungguh tak adil Tuhan sama saya"" tutur Martha
Pernah suatu kali Martha ngedrop dan terkena infeksi paru-paru serta kulit membuatnya terpuruk. "Dengan melihat anak saya empat yang masih kecil-kecil, saya berjuang untuk anak-anak saya dan di situ saya mencari tempat ibadah.
"Suatu hari dia datang di rumah doa, di tempat ibadah," ujar Pdp Kumala, orang yang kemudian menjadi pembimbing rohani Martha. "Dan kebetulan saya sebagai koordinator di sana, dia datang dengan keadaan sepertinya bimbang," lanjutnya lagi.
"Di situ mereka tidak menjauhi saya, mereka membimbing saya, merangkul saya dan benar-benar memotivasi saya untuk bisa membuat saya semangat kembali," ungkap Martha. Melalui teman-teman komunitasnya yang baru ini, Martha merasa dirinya diterima.
"Teman-teman komsel saya itu mengajarkan pada saya untuk melepaskan pengampunan pada suami saya, walaupun dia sudah tidak ada tapi saya harus melepaskan pengampunan. Mereka membimbing terus menuntun saya, mengenal pribadi Yesus," kata Martha.
Virus HIV itu masih ada dalam tubuhnya, namun kebenaran yang dia dapat, membuatnya bangkit dan terus berjuang. "Hati yang gembira adalah obat, dan itu yang menguatkan saya, dimana kala ketika saya gembira maka itu adalah obat dari sakit penyakit saya." ujar Martha."Yang tadinya kondisi saya sakit-sakitan, tidak bisa melakukan apapun, sekarang saya mampu melakukan." katanya lagi.
Ketika Martha fokus pada Tuhan dan bukan penyakitnya, mujizatpun terjadi. Anak terkecilnya setelah berusia 2 tahun, ternyata tidak terinfeksi HIV. "Di situ saya melihat kasih Yesus yang luar biasa, dimana ketika kita benar-benar berserah kepada Yesus dan ketika mengatakan beban kita pada Yesus, dan Dia yang memulihkan kita. Jadi saya, tidak mau fokus dengan penyakit saya ini. Saya mau fokus bagaimana Yesus bekerja dalam kehidupan saya. Karena semua diijinkan terjadi dalam kehidupan saya, semua agar saya merasakan kasih Yesus yang luar biasa, supaya saya bisa merasakan mujizat-Nya yang luar biasa. Membuat saya semakin mengerti, apa kehendak-Nya di dalam kehidupan saya, buat teman-teman sependerita yang lain agar bisa semangat lagi dan berbagi kasih Yesus yang luar biasa dalam kehidupan kita." Martha menutup kesaksiannya.

Sumber Kesaksian :
Martha Erika
Read More..

Setelah Kematian: Surga dan Neraka

Posted by Doa Kristiani 0 komentar
By: Paulus Teguh Kurniawan


Pendahuluan
Saat ini seringkali muncul pertanyaan terkait surga, neraka, dan kehidupan setelah kematian.
Ke manakah roh manusia setelah manusia mati?
Seperti apakah surga dan neraka itu?
Apakah api penyucian itu ada?
Apakah Allah yang pengasih tega menyiksa orang selama-lamanya di neraka?
Dalam artikel ini penulis akan memberikan analisis teologis mengenai isu-isu tersebut dan juga membahas beberapa kesalah pahaman yang seringkali terjadi.

Setelah Kematian
Ke manakah roh manusia setelah manusia mati?
Teologi katolik menjawab bahwa roh manusia akan berada di api penyucian, baru kemudian masuk ke surga. Bagaimanapun, pandangan ini tidak konsisten dengan Alkitab, murni hasil pemikiran filosofis belaka (penulis akan membahasnya lebih mendalam di bagian akhir artikel ini). Beberapa orang Kristen menjawab bahwa roh tersebut akan menuju tempat penantian, di mana roh-roh tersebut menantikan penghakiman Allah di akhir zaman. Pandangan inipun tidak konsisten dengan Alkitab. Tidak ada 1 ayatpun di Alkitab yang menyebutkan adanya tempat penantian tersebut. Baik pandangan tentang api penyucian maupun tentang tempat penantian, keduanya berkontradiksi dengan janji Yesus kepada orang yang disalibkan di sebelah-Nya.


Yesus menjanjikan Yesus menjanjikan, “hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus” (Lukas 23:43).

Dari kata-kata Yesus ini saja sudah jelas ke manakah roh manusia setelah mati: tentu saja langsung menuju ke surga atau neraka!

Namun kita seringkali dibingungkan dengan penghakiman terakhir di akhir zaman, di mana disebutkan bahwa Tuhan akan menghakimi orang yang hidup maupun yang mati.

Jika manusia yang mati langsung menuju surga atau neraka, kenapa mereka masih harus dihakimi lagi di akhir zaman?

Kita harus mengingat bahwa Alkitab dengan konsisten menyebutkan bahwa di surga maupun neraka akan ada tingkatan-tingkatan tertentu, yang diperuntukkan kepada tiap orang sesuai dengan apa yang mereka hasilkan dalam hidup mereka di dunia. Jika demikian, tentu tidak aneh jika orang yang sudah mati masih akan dihakimi lagi di akhir zaman.
Mereka memang sudah ditentukan masuk surga atau neraka, namun di akhir zaman mereka akan dihakimi untuk menentukan tingkatan surga/neraka yang mana yang sesuai untuk mereka (pembahasan mengenai penghakiman di akhir zaman akan dibahas lebih lanjut di akhir artikel ini).

Neraka
Seperti apakah neraka itu?
Ini adalah salah satu hal yang paling sering disalah mengerti oleh orang-orang Kristen saat ini. Neraka digambarkan sebagai tempat di mana orang-orang berdosa disiksa selama-lamanya, mengalami penderitaan kekal oleh api yang tiada henti menyiksa mereka. Tidak aneh ada orang-orang yang keberatan dengan iman Kristen karena isu neraka ini.

Apakah Allah yang pengasih begitu tega menyiksa orang sampai selama-lamanya hanya karena gagal dalam kehidupan yang hanya 1 kali?

Sebagaimana yang dikatakan oleh Charles Templeton, “Aku tidak mungkin memegangi tangan seseorang di atas api sekejap pun. Tidak sekejap pun! Bagaimana bisa Allah yang pengasih menyiksa anda selamanya—bahkan tidak membiarkan anda mati, tapi merasakan penderitaan itu selama-lamanya? Tidak seorang kriminal pun yang mau melakukan hal itu!”.

Gambaran neraka tersebut benar-benar salah. Neraka bukanlah tempat penyiksaan. Neraka adalah tempat di mana seseorang dipisahkan selama-lamanya dari hadirat Allah, namun bukanlah tempat penyiksaan. Justru Allah menciptakan neraka karena Ia menghormati kebebasan manusia. Neraka adalah tempat bagi orang-orang yang selama hidupnya menolak Allah. Selama di dunia, mereka masih mempunyai beberapa kebaikan hati dan moral oleh karena anugerah Allah, namun di akhir zaman, mereka akan menjadi “dirinya sendiri”.
Mereka yang menolak Allah akan menjadi jahat seluruhnya. Karena selama hidupnya mereka tidak mau bersama Allah, apalagi setelah mati. Mereka akan lebih suka tinggal di neraka, daripada bersama Allah di surga. Karena itulah Allah menciptakan neraka, untuk memenuhi keinginan mereka sendiri. Dalam hidup mereka di dunia, tiap harinya mereka tidak peduli tentang surga, di sanalah mereka membuat keputusan tiap harinya untuk menolak surga dan lebih suka hidup untuk dirinya sendiri. Karena itulah, Allah menuruti kemauan mereka, menyediakan tempat di mana mereka hidup untuk dirinya sendiri, terlepas sepenuhnya dari Allah. Dan itulah neraka.

Dalam zaman modern ini, kita cenderung mengartikan “kebaikan” sebagai hal-hal yang terkesan lembut seperti kesabaran, kelemah lembutan, memaafkan, dan lain-lain, namun kita seringkali lupa bahwa kebaikan juga mencakup keadilan dan rasa hormat pada kebebasan dan pilihan seseorang. Di neraka memang tidak ada penyiksaan, namun dipisahkan dari hadirat Allah adalah suatu derita yang melebihi apapun yang dapat kita bayangkan. Mereka akan hidup selamanya dalam kekosongan, kehampaan, tanpa ada satupun hal yang baik bagi mereka.

Berbagai gambaran di Alkitab tentang neraka seperti api, ratap dan kertak gigi, (Matius 13:42; Matius 24:51) bukanlah menunjukkan tentang siksaan kekal di neraka, melainkan bermakna kiasan bahwa neraka adalah tempat keputusasaan yang tiada duanya. Sebagai contoh, neraka digambarkan sebagai tempat dengan kegelapan total (Matius 25:30; Matius 22:13), namun juga dipenuhi api (Wahyu 20:15).

Bagaimana mungkin? Api pastilah akan memberikan cahaya. Yesus juga pernah menggambarkan neraka sebagai tempat di mana cacing-cacing terus memakan daging manusia (Markus 9:48). Ini juga merupakan kiasan.

Pada zaman Yesus, ada sistem saluran untuk mengalirkan darah dan lemak dari binatang-binatang yang dikorbankan di bait Allah, saluran tersebut mengalirkannya ke luar tembok kota, di mana semuanya dikumpulkan ke sebuah kolam. Di kolam itu ada cacing-cacing yang terus memakannya. Tempat itu sangat mengerikan untuk dilihat. Yesus menggunakan kiasan ini untuk mengatakan bahwa neraka itu lebih menjijikkan daripada kolam tersebut.

Orang-orang yang beranggapan bahwa neraka adalah tempat penyiksaan menganggap bahwa Allah bagaikan seorang anak kecil yang mengatakan “kalau kau tidak mau menuruti perintah-Ku, akan kusiksa kamu selama-lamanya dengan api neraka!”. Itu sama sekali jauh dari kebenaran.

Selain itu, ada juga orang-orang yang merasa keberatan dengan neraka karena mengira bahwa setiap orang akan mengalami penderitaan yang sama di neraka. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa di neraka ada tingkatan-tingkatan tertentu untuk tiap orang sesuai dengan perbuatannya selama di dunia. 

Kita bisa mengetahuinya dari kata-kata Yesus di Matius 11:20-24. Beberapa orang lagi bertanya, “Tidak bisakah Allah membuat semua orang masuk surga saja?”. Tindakan seperti itu justru merupakan tindakan yang tidak bermoral bagi Allah. Itu berarti Allah menciptakan manusia sebagai “mainan-mainan” yang dibuat hanya untuk memenuhi tujuan-Nya sendiri, tanpa mempedulikan keinginan dan pilihan manusia itu sendiri. 

Selain itu, bagaimana Allah bisa dianggap adil jika Ia hanya menyelamatkan semua orang tanpa ada yang binasa? Penulis akan memberikan suatu analogi sederhana. Jika dalam pengadilan ada seorang hakim yang selalu membebaskan terdakwanya, tidak ada yang dia hukum, apa dia akan dianggap hakim yang baik dan adil? Sekali lagi penulis menekankan bahwa dalam zaman modern sekarang ini, kita cenderung menganggap kebaikan itu identik dengan hal-hal yang lembut seperti mengampuni, sabar, dan lain-lain. Ini sangat menyimpang dari hakikat “kebaikan” yang sebenarnya.

Jika demikian, kenapa Allah tidak memberikan kesempatan kedua kepada manusia? Perlu kita perhatikan bahwa sebenarnya Allah pun merasa tidak nyaman dengan adanya neraka (Matius 23:37; Yesaya 38:17; Yehezkiel 33:11; Yehezkiel 18:23). Disebutkan pula bahwa Allah sudah memperpanjang kesempatan bagi orang-orang untuk bertobat (Wahyu 10:6; Wahyu 6:10). Kita sebenarnya sudah melihat belas kasihan Allah di sini.

Jika setelah mendapat kesempatan itupun manusia masih tidak mau bertobat, kenapa Allah harus memberi kesempatan kedua?

Selain itu, jika Allah memberi mereka kesempatan kedua setelah mereka melihat mengerikannya neraka itu, maka pertobatan orang-orang itu bukanlah berdasarkan ketulusan, melainkan karena terpaksa, karena takut pada neraka. Pertobatan yang demikian bukanlah pertobatan; itu tidak akan menghasilkan kasih kepada Allah.

Bisa disimpulkan bahwa keberadaan neraka bukanlah menunjukkan bahwa Allah adalah pribadi yang kejam dan tidak berbelas kasihan. Sebaliknya, Ia menciptakan neraka karena Ia menghormati kebebasan manusia yang diciptakan-Nya. Ia tidak menciptakan manusia sebagai “mainan-mainan” yang semata-mata digunakan-Nya hanya untuk memenuhi tujuan-Nya sendiri. Sebaliknya, Ia memberikan manusia kebebasan untuk memilih dan memiliki sendiri tujuan mereka.

Surga
Jika neraka adalah tempat di mana manusia dipisahkan dari hadirat Allah, sebaliknya, surga adalah tempat di mana manusia akan menikmati hadirat Allah selama-lamanya. Dan inilah kenikmatan yang paling besar, suatu kenikmatan yang sungguh tidak terbayangkan. Sama seperti neraka, di surga juga ada tingkatan-tingkatan tertentu. Kita bisa mengetahui ini dari Lukas 12:47-48; 19:16-19; 1 Korintus 3:14-15. Manusia akan dimuliakan di surga. Mungkin bagi kita, dimuliakan dan menikmati hadirat Allah bukanlah sesuatu yang kelihatan begitu indah. Namun, kita harus ingat bahwa di surga, kita tidaklah mendapat kemuliaan dunia, melainkan kemuliaan surga. Dan keindahan hadirat Allah tersebut adalah sesuatu yang memuaskan seluruh perasaan kita, yang kita tidak bisa membayangkannya saat ini.

Berbeda dari konsep agama-agama lain, di mana kita berusaha melakukan berbagai hal untuk memperoleh keselamatan; entah itu dengan berbuat baik, dengan memperoleh pengetahuan, atau apapun; dalam Kristen, yang berperan dalam keselamatan kita adalah Sang Allah sendiri. Saat di surga, kita akan menyadari betapa besar anugerah yang kita terima, betapa sebenarnya kita tidak layak mendapat anugerah yang begitu besar. Kita akan menyadari dengan sepenuhnya kebesaran Allah dalam karya penciptaan-Nya, dalam kematian dan kebangkitan-Nya, dan keadilan-Nya di akhir zaman di mana Ia akan melenyapkan dosa, maut, dan penderitaan, membawa kita kepada kebahagiaan tertinggi di mana kita bisa bersama-Nya di surga. 

Tidak ada lagi kesakitan, kehausan, kelaparan, kematian atau penderitaan apapun (Wahyu 21:4). Ini adalah konsep yang hanya ada dalam Kristen saja: Allah berinisiatif menyelamatkan manusia, rela mati untuk manusia, agar manusia bisa menikmati kebahagiaan tertinggi tersebut. Demikianlah di surga kita tidak akan lagi mengingini makanan, pujian, ataupun lainnya; sebaliknya, pikiran kita akan selalu dipenuhi rasa syukur dan kekaguman yang luar biasa akan anugerah Allah yang begitu besar. Inilah konsep surga yang paling indah, yang tidak ada dalam agama manapun selain Kristen.

Lalu, bagaimana dengan doktrin api penyucian?
Teologi katolik mengatakan bahwa setelah kita mati, kita akan berada di api penyucian. Di api penyucian ini kita akan mengalami siksaan api untuk melunasi akibat dosa kita. Setelah dosa kita lunas terbayar di api penyucian barulah kita masuk ke surga. Seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa api penyucian hanyalah murni pemikiran filosofis belaka. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa di neraka sekalipun, Allah tidak menyiksa manusia dengan api. Karena itu, jika di neraka saja manusia tidak disiksa, tentunya sangat aneh jika orang-orang benar yang akan masuk surga justru mengalami penyiksaan api. Konsep api penyucian ini tidak hanya tidak Alkitabiah, melainkan juga merendahkan nilai pengorbanan Yesus. Yesus sudah tuntas menanggung akibat dosa kita (Yohanes 5:24; Ibrani 10:14); gagasan api penyucian merendahkan kecukupan karya Kristus ini. Alkitab juga dengan konsisten menyebutkan bahwa kematian bagi orang benar merupakan istirahat mereka, bukan saatnya untuk menanggung penyiksaan lagi. Daniel 12:13; Wahyu 6:11, 14:13 menyebutkan hal ini.

Apa jelasnya yang akan terjadi di akhir zaman?
Di awal telah disebutkan bahwa di akhir zaman akan ada penghakiman terakhir di mana orang-orang akan ditentukan untuk mendapatkan tingkatan surga/neraka yang mana. Selain dari itu, orang-orang benar yang sudah mati akan dibangkitkan (1 Korintus 15:35-58, Filipi 3:21). Roh mereka yang sebenarnya sudah berada di surga akan kembali ke tubuh jasmani mereka, lalu tubuh mereka akan diubah menjadi tubuh baru, tubuh yang sempurna, tubuh yang sorgawi. Mungkin ini mengejutkan kita karena selama ini kita berpikir bahwa kita hanya akan berupa roh di surga. Bagaimanapun, di Alkitab jelas diceritakan bahwa Yesus dan Elia naik ke surga tidak hanya rohnya saja, melainkan juga beserta dengan tubuh.

Kenapa perlu ada penghakiman terakhir? Dalam penghakiman terakhir, Allah akan menunjukkan dengan sempurna segala kebaikan dan keadilan-Nya. Saat itulah semua ciptaan akan melihat dengan sempurna penggenapan semua janji-janji Allah dan penuntasan karya-Nya.

Penutup
Artikel singkat ini tidak mungkin cukup untuk mengulas habis semua teologi tentang surga dan neraka. Seperti yang sudah penulis sebutkan bahwa penulis hanya bermaksud menjawab beberapa kesalahpahaman yang umum terjadi dan beberapa pertanyaan yang membingungkan kita, terutama yang membuat orang-orang meragukan bahkan menolak iman Kristen. Penulis mengajak kita semua untuk tidak hanya memandang artikel ini sebagai tambahan pengetahuan saja. 

Mari kita merenungkan sejenak betapa besar anugerah Tuhan yang telah menebus dosa kita, menyediakan upah surga yang begitu indah, yang sebenarnya tidak pantas kita terima. Ia yang tetap mengasihi manusia-manusia berdosa, menyediakan neraka yang bukan merupakan tempat penyiksaan padahal sebenarnya Ia mempunyai hak dan kuasa untuk menyiksa mereka. Kiranya artikel ini membuat kita semakin menyadari kasih Allah bagi kita dan membuat kita senantiasa hidup dalam pengharapan kita akan keselamatan dari Allah.
Sumber: http://sebandi2.blogspot.com



Read More..

Arti nama bayi kristen Laki-laki P,R,S,T,V,W,X,Z

Posted by Doa Kristiani 0 komentar

Semua orang tua pun memberikan nama bayi dengan arti nama bayi laki-laki yang terkandung dalam maknanya berharap agar sesuai semua sifat dan nasibnya kelak ia dewasa dan saya pun demikian. Apapun nama yang telah dipilih orang tua berdasarkan arti nama bayi kristen laki-laki adalah suatu hal yang pastinya terbaik bagi anaknya.

Nama Arti L/P Bahasa
Pascal perayaan Paskah kaum Yahudi L
Paskal perayaan Paskah kaum Yahudi L
Patrick lahir mulia L
Paul kecil L
Paulos form of paul L Yunani
Paulus kecil L
Perpetua Saint Perpetua yang merupakan penganut Kristiani L
Pete form of peter. a rock L Yunani
Peter batu karang L
Petrus batu karang L
Philip penyayang kuda L
Philipus penyayang kuda L
Pierce form of peter L Yunani
Pio suci L
Pius suci L
Rafael penyembuh L
Ramon pelindung yang bijaksana L
Raphael penyembuh L
Raymond pelindung yang bijaksana L
Renato lahir kembali L
Renatus lahir kembali L
Rex raja L Latin
Ricardo pemimpin L
Richard pemimpin L
Rico pemimpin L
Robert nyala api L
Roman Roman L
Romeo Roman L
Samson seterang matahari L
Samuel permintaan Tuhan L
Sasha penolong masyarakat L
Saunders son of alexander L Yunani
Sebastian yang patut dimuliakan L
Simeon patuh L
Simon patuh L
Sinclair form of synclair. a clear sign L Latin
Stanislaus kemenangan militer L
Stanley kemenangan militer L
Stefan form of steven. crown L Yunani
Stefen dimahkotai L
Stephan dimahkotai L
Stephen mahkota L Yunani
Steve form of steven. crown L Yunani
Steven dimahkotai L
Sylvester dari hutan L
Tadeus bijaksana L
Ted form of theodore. divine gift L Yunani
Thaddeus anugerah Tuhan L Yunani
Theo anugerah Tuhan L
Theodore anugerah Tuhan L
Thomas kembar L
Timotheus God fearing L
Timothy God fearing L
Timotius God fearing L
Tito selamat L
Titus selamat L
Tom kembar L
Tomas kembar L
Tommy form of thomas. a twin L Yunani
Tony tak ternilai L
Victor pemenang L
Vincent penakluk L Latin
William helm kuat L
Xavier penyelamat L Latin
Yakub berdiri di atas tumit L
Yohanes Tuhan mengampuni L
Zachary remembered of God L
Zakaria teringat akan Tuhan L

Read More..

Arti nama bayi kristen Laki-laki M,N,O

Posted by Doa Kristiani 0 komentar

Looking for Christian boy baby name? Find a name for your baby with plus name meanings & origins. Explore our vast database. Remember that your child will have this name for their whole life, and is your first gift to your child, so make it something special
Nama Arti L/P Bahasa
Maarten tidak menipu L Latin
Magnus agung L Latin
Malcolm seekor burung merpati L Latin
Manuel Tuhan berserta kita L
Marc bersifat perang, militan L Latin
Marcel form of marc. warlike L Latin
Marcello berani L Latin
Marcellus of Mars L
Marcus of Mars L
Mark of Mars L
Markus of Mars L
Martin bersifat perang, militan L Latin
Marty form of martin. warlike L Latin
Matius pemberian Tuhan L
Matthew pemberian Tuhan L
Matthias pemberian Tuhan L
Maurice gelap L
Max terbesar L
Maxim terbesar L
Maximilian hebat, agung L Latin
Michael siapa seperti Tuhan? L
Michele siapa seperti Tuhan? L
Mikhail siapa seperti Tuhan? L
Monte gunung L Latin
Morris gelap L
Moses diselamatkan oleh air L
Musa diselamatkan oleh air L
Nathan pemberian Tuhan L
Nathanael pemberian Tuhan L
Nathaniel pemberian Tuhan L
Neil terompet L
Nereida Seorang tentara roma yang akhirnya menjadi umat kristiani L
Nicholas kemenangan rakyat L
Nick form of nicholas. victory of the people L Yunani
Nikolaus kemenangan rakyat L
Nikolos orang yang berjaya L Yunani
Noel Christmas L
Octavio the eighth L Latin
Nama Arti L/P Bahasa
Olga suci L/P
Oliver sebuah zaitun L Latin
Otis one who hears well L Yunani
Otto kaya L
Owen memiliki L

Read More..

Arti Nama Bayi Kristen Laki Laki L

Posted by Doa Kristiani 0 komentar

Looking for Christian boy baby name? Find a name for your baby with plus name meanings & origins. Explore our vast database. Remember that your child will have this name for their whole life, and is your first gift to your child, so make it something special

Nama Arti L/P Bahasa
Lancelot daratan, tanah, lahan L Latin
Landers form of landry. rough land L Latin
Laurel rangkaian kemenangan L
Lauren rangkaian kemenangan L
Laurence rangkaian kemenangan L
Lawrence rangkaian kemenangan L
Leander orang yang berani atau manusia singa L Yunani
Leo singa L
Lewis pejuang terkenal L
Lincoln lithe L Latin
Lionel singa L
Loren rangkaian kemenangan L
Louis pejuang terkenal L
Lucian man of light L Latin
Luciano cahaya L
Lucio cahaya L
Lucius cahaya L
Luigi pejuang terkenal L
Luis pejuang terkenal L
Lukas cahaya L
Luke cahaya L
Baca Selengkapnya Arti Nama Bayi Kristen 

Read More..

Arti Nama Bayi Kristen Laki Laki I,J,K

Posted by Doa Kristiani 0 komentar
Looking for Christian boy baby name? Find a name for your baby with plus name meanings & origins. Explore our vast database. Remember that your child will have this name for their whole life, and is your first gift to your child, so make it something special. BalboinarticulateLLatin


Nama Arti L/P Bahasa
Ian Tuhan mengampuni L
Ignatius berapi-api L
Igor petani L
Ilias form of elijah - lord is my god L Latin
Immanuel Tuhan berserta kita L
Ivan Tuhan mengampuni L
Jacob berdiri di atas tumit L
Jake berdiri di atas tumit L
James berdiri di atas tumit L
Jeffrey kedamaian Tuhan L
Jeremiah raja agung L
Jeremy raja agung L
Jerolin suci L Latin
Joel kedatangan Tuhan L
Johann Tuhan mengampuni L
Johannes Tuhan mengampuni L
John Tuhan mengampuni L
Jon Tuhan mengampuni L
Jose bertambah L
Josef bertambah L
Joseph bertambah L
Juan Tuhan mengampuni L
Jules muda L Latin
Julian janggut halus L
Julio janggut halus L
Julius janggut halus L
Justin adil L
Karl form of charles. man, strong L Yunani
Karsten kristen, kristiani L Yunani
Kevin tampan L

Read More..

Arti nama bayi kristen Laki-laki H

Posted by Doa Kristiani 0 komentar
Looking for Christian boy baby name? Find a name for your baby with plus name meanings & origins. Explore our vast database. Remember that your child will have this name for their whole life, and is your first gift to your child, so make it something special. BalboinarticulateLLatin



Nama Arti L/P Bahasa
Hans Tuhan mengampuni L
Harry pemimpin L
Harvey pejuang L
Hector tabah L Yunani
Henry pemimpin L
Herman prajurit L
Hernando petualang L
Horace hour in time L Latin
Hughes pikiran L
Hugo pikiran L

Read More..

Lagu Rohani

Kidung Jemaat

Nama Bayi Kristen